Kuliah Umum untuk Para Mahasiswa Baru

Dialong Umum Dengan Mahasiswa

Sebagai bagian dari acara Program Pengenalan Perguruan Tinggi (PROPERTI) bagi mahasiswa baru Fakultas Hukum Universitas Pekalongan, pada tanggal 5 September 2014 diselenggarakan Kuliah Umum di Ruang Seminar Fakultas Hukum, dengan mendatangkan 2 (dua) orang nara sumber yaitu DR. Suprapto Bc.IP. SH, MH selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Pekalongan dan Bapak Akhmad Rosidin SH MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan.

Kuliah umum yang dihadiri oleh kurang lebih 125 mahasiswa baru ini bertema: Membangun Budaya Hukum Masyarakat yang Berkeadilan dimaksudkan mengenalkan bekerjanya lembaga penegakan hukum khususnya kewenangan yang dimiliki oleh Pengadilan sebagai bagian dari Kekuasaan Kehakiman menurut hukum di Indonesia dan kewenangan yang dimiliki oleh Lembaga Pemasyarakatan sebagai tahapan terakhir dari penegakan hukum terutama melaksanakan pemasyarakatan dan pembinaan para narapidana dalam Sistem Peradilan Pidana Terpadu (Criminal Justice System) di Indonesia.

kuliah umum bersama mahasiswa baru hukum.jpg

Dalam ceramahnya, Ketua PN Pekalongan menyampaikan tugas dan kewenangan hakim dalam kerangka penegakan hukum untuk menciptakan keadilan; sedangkan Kepala Lapas menyampaikan dinamika dan persoalan yang dialami oleh Lapas dalam pembinaan dan pemasyarakatan terpidana yang banyak disorot oleh Masyarakat. Salah satu problemnya adalah kapasitas LP yang melebihi dari kapasitas maksimal yang harus ditampus, demikian juga LP Pekalongan banyak menerima pidana dari LP daerah lain termasuk napi teroris dan napi narkoba. Kepala Lapas juga mengapresiasi bahwa 7 (tujuh) pejabat structural yang berdinas di Lapas Pekalongan adalah lulusan Fakultas Hukum UNIKAL (enhade)